by

Pemprov Sumbar Siap Bantu APD Untuk Kader Posyandu

sumbar.perdananews.com- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Pemprov Sumbar akan memfasilitasi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi kader Posyandu.

Hal ini dikemukakan Gubernur Irwan dalam paparannya selaku keynote speaker pada Webinar Peningkatan Peran Posyandu dan Dasawisma pada Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (28/07/2020).

“Terkait APD kita siap membantu, baik melalui BPBD dan Dinas Kesehatan,” katanya.

Menurutnya Covid-19 di Sumbar relatif telah dikendalikan dengan baik. Hal ini terbukti dari beberapa indikator seperti positive rate, insiden rate, testing ratio dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah kita telah melakukan upaya pengendalian yang dinilai baik, namun penerapan protokol kesehatan secara ketat tetap harus diutamakan, apapun kondisinya,” jelas Gubernur.

Untuk itu ia berharap agar aktivitas di masing-masing posyandu dapat berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan sampai nanti karena Pandemi, posyandu tutup, tentu merugikan kita semua,” ucapnya.

Selanjutnya Gubernur Irwan menegaskan penting menjalankan program-program dalam mengantisipasi stunting, yang salah satunya melalui asupan gizi serta edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Sementara Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Nevi Zuairina mengatakan webinar diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan masyarakat.

“Bagaimana agar kita tetap sehat, melalui posyandu yang terintegrasi, kesehatan ibu dan balita adalah hal yang penting,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya mengharapkan agar kader posyandu lebih giat lagi ditengah-tengah masyarakat, apalagi dimasa Pandemi Covid-19.

“Ini adalah masa yang sangat genting, tidak boleh lalai, kita tentu tidak mau dengar kasus-kasus stunting karena kurang gizi. Walaupun wabah, tetap perhatikan tumbuh kembang mereka,” tuturnya.

Turut hadir TP PKK kabupaten/kota se-Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Kader Posyandu se-Sumatera Barat dan lainnya. (ISC/ MMC DiskominfoSB).

Comment

PERDANANEWS