by

Pilgub Sumbar: Mulyadi -Ali Mukhni atau Nasrul Abit – Indra Catri

Oleh: Erizal

Walau masih sebelum lagi menuju pendaftaran di meja KPU, tapi agaknya, peta Pilgub Sumbar tahun ini, sudah mulai kelihatan. Tiga pasang kandidat, bisa dipastikan berlaga. Yakni, Nasrul Abit-Indra Catri, diusung Gerindra; Mulyadi-Ali Mukhni, diusung Demokrat-PAN; dan terakhir Mahyeldi-Audy Joinaldy, diusung PKS-PPP.

Masih bisa satu pasang kandidat lagi dari partai-partai tersisa, yakni Golkar (8 kursi, PKB (3 kursi), PDIP (3 kursi), dan NasDem (3 kursi). Jumlah kursinya 17. Lebih dari cukup jumlah kursi minimal dibutuhkan, yakni hanya 13 kursi. Yang masih belum jelas, siapa pasangan yang bakal diusung? Barangkali, masih menunggu.

Sempat muncul nama Doni Oskaria, pengusaha nasional asal Sumbar itu. Entah ya entah tidak? Kabarnya, nama Fakhrizal-Genius Umar, setelah mentok lewat jalur independen, juga beredar di di sini. Termasuk, Faldo Maldini-Febby Datuak Bangso, Gusmal, Shadiq Pasadigoe, Suherman, dan Fauzi Bahar. Siapa pastinya? Entahlah.

Apakah pasangan poros baru bisa menggeser dominasi tiga pasangan yang sudah ada? Bisa ya, bisa tidak. Pengalaman Pilgub sebelumnya, justru pasangan yang muncul di detik-detik terakhir itu, yang akhirnya keluar sebagai pemenang. Lihatlah Gamawan Fauzi-Marlis Rahman dan Irwan Prayitno-Muslim Kasim.

Kalau tidak, bisa jadi juga pasangan poros baru justru menjadi jalan bagi salah satu pasangan dari tiga pasangan itu, untuk keluar menjadi pemenang. Artinya, yang muncul justru berpotensi menggerogoti salah satu atau salah dua dari pasangan itu, dan memberi jalan bagi satu pasangan lain, untuk menjadi pemenang.

Memang, tak bisa dimungkiri bahwa tiga pasang yang sudah hampir pasti maju itu, sama kuatnya. Yang keluar sebagai pemenang, selisihnya akan sangat tipis sekali. Bisa-bisa, jaraknya kurang dari 5%. Tapi, dugaan saya, kalau tak Mulyadi-Ali Mukhni, yang bakal menang itu adalah Nasrul Abit-Indra Catri. Ini baru dugaan sementara, hingga saat ini.🙏

Comment

PERDANANEWS