by

Ikatan Guru PAUD Kota Pariaman Lakukan Konferda

Sumbar.perdananews.com – Kota Pariaman Guru Taman Kanak-Kanak (TK) sebagai pendidik anak usia dini harus benar-benar sadar dan meletakkan diri sebagai stimulator untuk menggugah berbagai potensi yang dimiliki anak, sebab pada masa inilah yang sangat menentukan bagi perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya.

Kita menumpangkan harapan besar kepada guru TK dan PAUD dalam pendidikan karakter secara maksimal kepada anak-anak sebagai generasi penerus.

Hal tersebut disampaikan Ny Lucyanel Genius selaku Bunda PAUD Kota Pariaman saat membuka kegiatan Konferensi Daerah (Konferda) Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) PGRI Tingkat Kota Pariaman Tahun 2021 dalam rangka Pemilihan Pengurus baru masa bhakti 2021-2026 bertempat di Balairung Rumdis Walikota Pariaman, Sabtu (10/4).

“Dewasa ini anak-anak kita terlalu asik belajar sendiri di media sosial (medsos), kita melihat bahwa medsos itu ibarat jauh panggang dari api artinya anak bisa bertindak yang tidak sesuai dan tidak seperti yang diharapkan “ungkapnya.

Lucy mengatakan, kenyataan pemuda-pemudi kita di Provinsi Sumatera Barat saat sekarang ini sudah jarang sekali diterima di sekolah kedinasan, diplomat dan yang berhubungan keluar negeri.
“Permasalahannya bukan karena IQ anak yang lemah tapi persoalan karakter ,” tukasnya.

“Inilah tugas kita sebagai guru membentuk karakter mulai dari TK dan PAUD, ajarkan anak-anak tentang kejujuran, menghargai orang lain, berfikir positif dan jangan pesimis dan selalu bahagia ,” kata Lucy.

Disamping itu, guru TK harus mendorong perkembangan dasar fisik, mental, dan sosial murid-muridnya. Guru TK juga bertugas menjaga para murid selama berada di lingkungan sekolah.

Lucy menambahkan, Pemerintah Kota Pariaman juga berencana akan membuat TK Pembina di Kecamatan Pariaman Selatan dan insyaallah akan dioperasikan tahun ini.

“Masih banyak PR kita untuk mendidik anak-anak selaku generasi penerus bangsa ,” tegasnya.

Bunda PAUD Kota Pariaman ini sampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus yang sebelumnya karena sudah berbuat banyak untuk pendidikan TK di Kota Pariaman dan untuk pengurus yang baru terpilih bisa merealisasikan program kerjanya kedepan.

Sementara itu, Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Pariaman, Hendri Jalal mengatakan, pemilihan pengurus yang baru ini seharusnya dilakukan di tahun 2019, namun ditunda karena wabah pandemi covid-19.

“IGTKI ini adalah wadah bagi guru TK berorganisasi secara independen dan mandiri dalam rangka pengembangan guru TK di Kota Pariaman ,” terangnya.

Hendri berharap kepada pengurus yang baru terbentuk hari ini memiliki kompentensi dan keseriusan dalam mengelola wadahnya serta menyusun program kerja selama lima tahun kedepan.

“Semoga IGTKI PGRI Kota Pariaman kedepannya semakin mandiri dan profesional ,” tutupnya.

Turut hadir, Ketua PGRI Kota Pariaman, Ketua IGTKI Provinsi Sumatera Barat

Comment

PERDANANEWS